#KlubStartup

Rabu, 31 Maret 2010

Manusia

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.

Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua.

Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya, berdasarkan ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, mata; bentuk hidung; tinggi badan), afiliasi sosio-politik-agama (penganut agama/kepercayaan XYZ, warga negara XYZ, anggota partai XYZ), hubungan kekerabatan (keluarga: keluarga dekat, keluarga jauh, keluarga tiri, keluarga angkat, keluarga asuh; teman; musuh) dan lain sebagainya.


Populasi

Dalam kurun waktu 200 tahun dari 1800 sampai 2000, populasi dunia telah bertambah pesat dari satu hingga enam milyar. Diperkirakan mencapai puncaknya kira-kira sepuluh milyar selama abad ke-21. Sampai 2004, sebuah minoritas yang cukup besar — sekitar 2.5 dari jumlah 6.3 milyar jiwa — tinggal di sekeliling daerah perkotaan. Urbanisasi diperkirakan akan melonjak drastis selama abad ke-21. Polusi, kriminal dan kemiskinan hanyalah beberapa contoh dari masalah yang dihadapi oleh manusia yang tinggal di kota dan pemukiman pinggiran kota.


Asal Mula

Hewan terdekat dengan manusia yang masih bertahan hidup adalah simpanse; kedua terdekat adalah gorila dan ketiga adalah orang utan. Sangat penting untuk diingat, namun, bahwa manusia hanya mempunyai persamaan populasi nenek moyang dengan hewan ini dan tidak diturunkan langsung dari mereka. Ahli biologi telah membandingkan serantaian pasangan dasar DNA antara manusia dan simpanse, dan memperkirakan perbedaan genetik keseleruhan kurang dari 5% [2]. Telah diperkirakan bahwa garis silsilah manusia bercabang dari simpanse sekitar 5 juta tahun lalu, dan dari gorila sekitar 8 juta tahun lalu. Namun, laporan berita terbaru dari tengkorak hominid berumur kira-kira 7 juta tahun sudah menunjukkan percabangan dari garis silsilah kera, membuat gagasan kuat adanya percabangan awal silsilah tersebut.

Berikut beberapa gejala penting dalam evolusi manusia:

  • perluasan rongga otak dan otak itu sendiri, yang umumnya sekitar 1,400 cm³ dalam ukuran volumnya, dua kali lipat perluasan otak simpanse dan gorila. Beberapa ahli antropologi, namun, mengatakan bahwa alih-alih perluasan otak, penyusunan ulang struktur otak lebih berpengaruh pada bertambahnya kecerdasan.
  • pengurangan gigi taring.
  • penggerak bipedal (dua kaki)
  • perbaikan laring / pangkal tenggorokan (yang memungkinkan penghasilan bunyi kompleks atau dikenal sebagai bahasa vokal).

Bagaimana gejala-gejala ini berhubungan, dengan cara apa mereka telah menyesuaikan diri, dan apa peran mereka dalam evolusi organisasi sosial dan kebudayaan kompleks, merupakan hal-hal penting dalam perdebatan yang berlangsung di antara para ahli antropologi ragawi saat ini.

Selama tahun 1990an, variasi dalam DNA mitochondria manusia diakui sebagai sumber berharga untuk membangun ulang silsilah manusia dan untuk melacak perpindahan manusia awal. Berdasarkan perhitungan-perhitungan ini, nenek moyang terakhir yang serupa manusia modern diperkirakan hidup sekitar 150 milenium lalu, dan telah berkembang di luar Africa kurang dari 100.000 tahun lalu. Australia dijelajahi relatif awal, sekitar 70.000 tahun lalu, Eropa +/- 40.000 tahun lalu, dan Amerika pertama didiami secara kasarnya 30.000 tahun lalu, serta kolonisasi kedua di sepanjang Pasifik +/- 15.000 tahun lalu (lihat Perpindahan manusia).

Macam-macam kelompok agama telah menyatakan keberatan atas teori evolusi umat manusia dari sebuah nenek moyang bersama dengan hominoid lainnya. Alhasil, muncullah berbagai perbedaan pendapat, percekcokan, dan kontroversi. Lihat penciptaan, argumen evolusi, dan desain kepandaian untuk melihat pola pikir yang berlawanan.


Sang Individu

Manusia individu adalah subyek yang mengalami kondisi manusia. Ini diikatkan dengan lingkungannya melalui indera mereka dan dengan masyarakat melalui kepribadian mereka, jenis kelamin mereka serta status sosial. Selama kehidupannya, ia berhasil melalui tahap bayi, kanak-kanak, remaja, kematangan dan usia lanjut. Deklarasi universal untuk hak asasi diadakan untuk melindungi hak masing-masing individu.

Hati dan kesadaran

Pengalaman subyektif dari seorang individu berpusat di sekitar kesadarannya, kesadaran-diri atau pikiran, memperbolehkan adanya persepsi eksistensinya sendiri dan dari perjalanan waktu. Kesadaran memberikan naiknya persepsi akan kehendak bebas, meskipun beberapa percaya bahwa kehendak bebas sempurna adalah khayalan yang menyesatkan, dibatasi atau dilenyapkan oleh penentuan takdir atau sosial atau biologis. Hati manusia diperluas ke luar kesadaran, mencakup total aspek mental dan emosional individu. Ilmu pengetahuan psikologi mempelajari hati manusia (psike), khususnya alam bawah sadar (tak sadar). Praktek psikoanalisis yang dirancang oleh Sigmund Freud mencoba menyingkap bagian dari alam bawah sadar. Freud menyusun diri manusia menjadi Ego, Superego, dan Id. Carl Gustav Jung memperkenalkan pemikiran alam bawah sadar kolektif / bersama dan sebuah proses pengindividuan, menuangkan keragu-raguan untuk ketepatan pendefinisian individu ‘yang dapat diartikan’.

Emosi

Individu manusia terbuka terhadap emosi yang besar mempengaruhi keputusan serta tingkah laku mereka. Emosi menyenangkan seperti cinta atau sukacita bertentangan dengan emosi tak menyenangkan seperti kebencian, cemburu, iri hati atau sakit hati.

Seksualitas

Seksualitas manusia, di samping menjamin reproduksi, mempunyai fungsi sosial penting, membuat ikatan / pertalian dan hirarki di antara individu. Hasrat seksual dialami sebagai sebuah dorongan / keinginan badani, sering disertai dengan emosi kuat positif (seperti cinta atau luapan kegembiraan) dan negatif (seperti kecemburuan / iri hati atau kebencian).

Tubuh

penampilan fisik tubuh manusia adalah pusat kebudayaan dan kesenian. Dalam setiap kebudayaan manusia, orang gemar memperindah tubuhnya, dengan tato, kosmetik, pakaian, perhiasan atau ornamen serupa. Model rambut juga mempunyai pengertian kebudayaan penting. Kecantikan atau keburukan rupa adalah kesan kuat subyektif dari penampilan seseorang.

Kebutuhan individu terhadap makanan dan minuman teratur secara jelas tercermin dalam kebudayaan manusia (lihat pula ilmu makanan). Kegagalan mendapatkan makanan secara teratur akan berakibat rasa lapar dan pada akhirnya kelaparan (lihat juga malnutrisi).

Rata-rata waktu tidur adalah 8 jam per hari untuk dewasa dan 9–10 jam untuk anak-anak. Orang yang lebih tua biasanya tidur selama 6–7 jam. Sudah umum, namun, dalam masyarakat modern bagi orang-orang untuk mendapat waktu tidur kurang dari yang mereka butuhkan.

Tubuh manusia diancam proses penuaan dan penyakit. Ilmu pengobatan adalah ilmu pengetahuan yang menelusuri metode penjagaan kesehatan tubuh.

Kelahiran dan kematian

Kehidupan subyektif individu berawal pada kelahirannya, atau dalam fase kehamilan terdahulu, selama janin berkembang di dalam tubuh ibu. Kemudian kehidupan berakhir dengan kematian individu. Kelahiran dan kematian sebagai peristiwa luar biasa yang membatasi kehidupan manusia, dapat mempunyai pengaruh hebat terhadap individu tersebut. Kesulitan selama melahirkan dapat berakibat trauma dan kemungkinan kematian dapat menyebabkan rasa keberatan (tak mudah) atau ketakutan (lihat pula pengalaman hampir meninggal). Upacara penguburan adalah ciri-ciri umum masyarakat manusia, sering diinspirasikan oleh kepercayaan akan adanya kehidupan setelah kematian. Adat kebiasaan warisan atau penyembahan nenek moyang dapat memperluas kehadiran sang individu di luar rentang usia fisiknya. (lihat kekekalan).

Masyarakat

Meskipun banyak spesies berprinsip sosial, membentuk kelompok berdasarkan ikatan / pertalian genetik, perlindungan-diri, atau membagi pengumpulan makanan dan penyalurannya, manusia dibedakan dengan rupa-rupa dan kemajemukan dari adat kebiasaan yang mereka bentuk entah untuk kelangsungan hidup individu atau kelompok dan untuk pengabadian dan perkembangan teknologi, pengetahuan, serta kepercayaan. Identitas kelompok, penerimaan dan dukungan dapat mendesak pengaruh kuat pada tingkah laku individu, tetapi manusia juga unik dalam kemampuannya untuk membentuk dan beradaptasi ke kelompok baru.

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan interaksi antar manusia.

Bahasa

Kecakapan berpidato adalah sebuah unsur pendefinisian umat manusia, mungkin mendahului pemisahan populasi modern filogenetik (lihat Asal usul bahasa). Bahasa adalah pusat dari komunikasi antar manusia. Kata Yahudi untuk "binatang" (behemah) berarti "bisu", menggambarkan manusia sebagai "binatang berbicara" (kepandaian bercakap hewani). Bahasa adalah pusat dari sentuhan identitas ‘khas’ berbagai kebudayaan atau kesukuan dan sering diceritakan mempunyai status atau kekuatan supernatural (lihat Sihir / Gaib, Mantra, Vac). Penemuan sistem penulisan sekitar 5000 tahun lalu, yang memungkinkan pengabadian ucapan, merupakan langkah utama dalam evolusi kebudayaan. Ilmu pengetahuan Linguistik (ilmu bahasa) menjelaskan susunan bahasa, dan keterkaitan antara bahasa-bahasa berbeda. Diperkirakan ada 6000 bahasa yang diucapkan manusia saat ini. Manusia yang kekurangan kemampuan berkomunikasi melalui ucapan, umumnya bercakap-cakap menggunakan Bahasa Isyarat.

Agama

Dalam setiap kebudayaan manusia, kerohanian dan ritual mendapat ekspresi dalam bentuk tertentu. Elemen-elemen ini dapat menggabungkan secara penting pengalaman pribadi dengan pengalaman penyatuan dan komunal, seringkali membangkitkan emosi yang sangat kuat dan bahkan luapan kegembiraan. Kekuatan pengikat yang kuat dari pengalaman tertentu dapat terkadang menimbulkan kefanatikan atau agresi kepada manusia lain yang tidak termasuk dalam kelompok agamanya, berakibat perpecahan atau bahkan perang. Teokrasi adalah masyarakat yang dibentuk secara dominan oleh agama, diperintah oleh pemimpin suci atau oleh seorang pemuka agama. Agama dapat pula berperilaku sebagai alat penyaluran dan pengaruh dari norma budaya dunia dan tingkah laku yang wajar dilakukan manusia.

Keluarga dan teman sepergaulan

Individu manusia dibiasakan untuk bertumbuh menjadi seorang pelengkap yang berjiwa kuat ke dalam suatu kelompok kecil, umumnya termasuk keluarga biologis terdekatnya, ibu, ayah dan saudara kandung.

Sebagai seorang pelengkap berjiwa kuat yang serupa dapat dikelirukan dengan suatu kelompok kecil yang sama, yaitu teman sepergaulan sebaya sang individu, umumnya berukuran antara sepuluh hingga dua puluh individu, kemungkinan berkaitan dengan ukuran optimal untuk gerombolan pemburu. Dinamika kelompok dan tekanan dari teman dapat mempengaruhi tingkah laku anggotanya.

Seorang individu akan mengembangkan perasaan kesetiaan yang kuat kepada kelompok tertentu. Kelakuan manusia yang wajar termasuk seringnya hubungan sosial, dinyatakan dalam obrolan / percakapan, dansa, menyanyi atau cerita (dikenal dengan curhat).

Suku, bangsa dan negara bagian

Kelompok manusia yang lebih besar dapat disatukan dengan gagasan kesamaan nenek moyang (suku, etnis) atau kesamaan fokus budaya atau materi (bangsa atau negara bagian), sering dibagi lebih lanjut menurut struktur kelas sosial dan hirarki. Sebuah suku dapat terdiri dari beberapa ratus individu, sementara negara bagian modern terbesar berisi lebih dari semilyar. Konflik kekerasan di antara kelompok-kelompok besar disebut peperangan. Kesetiaan / pengabdian untuk kelompok yang besar seperti ini disebut nasionalisme atau patriotisme. Dalam keekstriman, perasaan pengabdian terhadap sebuah lembaga atau kewenangan dapat mencapai keekstriman pathologi, yang berakibat hysteria massa (gangguan syaraf) atau fasisme.

Antropologi budaya menjelaskan masyarakat manusia yang berbeda-beda, dan sejarah mencatat interaksi mereka berikut kesuksesan yang dialami. Organisasi dan pemerintahan bentuk modern dijelaskan oleh Ilmu Politik dan Ekonomi.

Kebudayaan dan peradaban

Sebuah peradaban adalah sebuah masyarakat yang telah mencapai tingkat kerumitan tertentu, umumnya termasuk perkotaan dan pemerintahan berlembaga, agama, iptek, sastra serta filsafat. Perkotaan paling awal di dunia ditemukan di dekat rute perdagangan penting kira-kira 10.000 tahun lalu (Yeriko, Çatalhöyük). Kebudayaan manusia dan ekspresi seni mendahului peradaban dan dapat dilacak sampai ke palaeolithik (lukisan goa, arca Venus, tembikar / pecah belah dari tanah). Kemajuan pertanian memungkinkan transisi dari masyarakat pemburu dan pengumpul atau nomadik menjadi perkampungan menetap sejak Milenium ke-9 SM. Penjinakan hewan menjadi bagian penting dari kebudayaan manusia (anjing, domba, kambing, lembu). Dalam masa sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang bahkan lebih pesat (lihat Sejarah iptek).

Renungan diri

Umat manusia selalu mempunyai perhatian yang hebat akan dirinya sendiri. Kecakapan manusia untuk mengintrospeksi diri, keinginan individu untuk menjelajahi lebih mengenai intisari diri mereka, tanpa terkecuali menghasilkan berbagai penyelidikan mengenai kondisi manusia merupakan pokok jenis manusia secara keseluruhan. Renungan diri adalah dasar dari filsafat dan telah ada sejak awal pencatatan sejarah. Artikel ini misalnya, karena ditulis oleh manusia, dengan sendirinya tak dapat luput dari contoh refleksi diri.

Manusia kerap menganggap dirinya sebagai spesies dominan di Bumi, dan yang paling maju dalam kepandaian dan kemampuannya mengelola lingkungan. Kepercayaan ini khususnya sangat kuat dalam kebudayaan Barat, dan berasal dari bagian dalam cerita penciptaan di Alkitab yang mana Adam secara khusus diberikan kekuasaan atas Bumi dan semua makhluk. Berdampingan dengan anggapan kekuasaan manusia, kita sering menganggap ini agak radikal karena kelemahan dan singkatnya kehidupan manusia (Dalam Kitab Suci Yahudi, misalnya, kekuasaan manusia dijanjikan dalam Kejadian 1:28, tetapi pengarang kitab Pengkhotbah meratapi kesia-siaan semua usaha manusia).

Ahli filsafat Yahudi, Protagoras telah membuat pernyataan terkenal bahwa "Manusia adalah ukuran dari segalanya; apa yang benar, benarlah itu; apa yang tidak, tidaklah itu". Aristotle mendeskripsikan manusia sebagai "hewan komunal" (ζωον πολιτικον), yaitu menekankan pembangunan masyarakat sebagai pusat pembawaan alam manusia, dan "hewan dengan sapien" (ζωον λογον εχων, dasar rasionil hewan), istilah yang juga menginspirasikan taksonomi spesies, Homo sapiens.

Pandangan dunia dominan pada abad pertengahan Eropa berupa keberadaan manusia yang diciri-cirikan oleh dosa, dan tujuan hidupnya adalah untuk mempersiapkan diri terhadap pengadilan akhir setelah kematian. Pencerahan / pewahyuan digerakkan oleh keyakinan baru, bahwa, dalam perkataan Immanuel Kant, "Manusia dibedakan di atas semua hewan dengan kesadaran-dirinya, yang mana ia adalah 'hewan rasionil'". Pada awal abad ke-20, Sigmund Freud melancarkan serangan serius kepada positivisme mendalilkan bahwa kelakuan manusia mengarah kepada suatu bagian besar yang dikendalikan oleh pikiran bawah sadar.

Dari titik pandang ilmiah, Homo sapiens memang berada di antara spesies yang paling tersama-ratakan di Bumi, dan hanya ada sejumlah kecil spesies tunggal yang menduduki lingkungan beraneka-ragam sebanyak manusia. Rupa-rupa usaha telah dibuat untuk mengidentifikasikan sebuah ciri-ciri kelakuan tunggal yang membedakan manusia dari semua hewan lain, misal: Kemampuan untuk membuat dan mempergunakan perkakas, kemampuan untuk mengubah lingkungan, bahasa dan perkembangan struktur sosial majemuk. Beberapa ahli antropologi berpikiran bahwa ciri-ciri yang siap diamati ini (pembuatan-perkakas dan bahasa) didasarkan pada kurang mudahnya mengamati proses mental yang kemungkinan unik di antara manusia: kemampuan berpikir secara simbolik, dalam hal abstrak atau secara logika. Adalah susah, namun, untuk tiba pada suatu kelompok atribut yang termasuk semua manusia, dan hanya manusia, dan harapan untuk menemukan ciri-ciri unik manusia yang adalah masalah dari renungan-diri manusia lebih daripada suatu masalah zoologi.

Download Contoh LA AP2B Ruby Pert5 (INGAAD CUMA CONTOH!!)

silahkan...

LA AP2B Ruby Pert5.doc

NB:
jangan lupa tambahin RANGKUMAN RUBY...sperti yang diperintahkan kk PJ..okok..
selamat mengerjakan... n.n

Senin, 29 Maret 2010

MENANGISI DOSA DAN BERTOBAT

"Hai puteri-puteri Yerusalem, janganlah kamu menangisi Aku, melainkan tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu!" (Luk 23:28)


Hari ini memasuki Pekan Suci, ditandai dengan perayaan Minggu Palma. Pada umumnya perayaan diawali dengan pearakan Palma, baru masuk dalam perayaan ekaristi. Dalam pekan sengsara Tuhan ada dua peristiwa penting dan berlawanan, yaitu kita mengarak Yesus sebagai Raja masuk ke kota Yerusalem dan mendengarkan kisah sengsara Tuhan. Sungguh ironis kita mengeluk-elukan Yesus sebagai Raja, namun kemudian kita mendengar hujatan, penganiayaan dan kematian Tuhan dalam kisah sengsara. Namun kita diajak khusuk merenungkan peristiwa penderitaan Tuhan, bukan hanya perasaan sentimental atas penderitaan Tuhan. "Hai puteri-puteri Yerusalem, janganlah kamu menangisi Aku, melainkan tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu!" (Luk 23:28)

Bukan kita iba kepada Tuhan yang menderita, tetapi mari kita menangisi dosa-dosa kita, dan bertobat untuk masuk dalam peristiwa penderitaan Tuhan. Seringkali kita menertawakan dosa dan kejahatan orang lain dibandingkan menyesali, menangisi dosa-dosa kita. Bagi kita, bukan hanya menangisi, menyesali tetapi bertobat. Namun, pekan suci ini sungguh saat yang baik untuk merenungkan diri kita sebagai murid Tuhan, apakah kita lebih banyak berbuat dosa atau berbuat baik. Apakah kita sudah membangun pertobatan dalam hidup ini, atau senang tinggal dalam kubangan dosa? Semoga kita mau bertobat dan siap masuk dalam Pekan Suci untuk merasakan penderitaan Tuhan, dan menyatukan kelemahan dan dosa kita dalam merasakan penderitaan Tuhan sehingga siap bangkit bersama Tuhan membangun hidup baru dalam kasih Tuhan terlebih bersama mereka yang miskin dan sengsara.



Pertanyaan Reflektif:
Apakah selama ini aku juga ikut dalam penghujatan, penganiayaan, dan penyaliban Yesus? Apakah pengorbanan-Nya yang menyelamatkan dan membebaskan kita bisa mengubah hidup kita, dengan bersama Dia memanggul sengsara kaum miskin?

Minggu, 28 Maret 2010

LP AP2B n AP2A Pert5 1IA18

LP AP2B pert5:
1.Jelaskan sejarah bahasa pemrograman Ruby!
2.Sebutkan BU bahasa pemrograman Ruby!
3.Sebutkan tipe data yang ada pada Ruby!


LP AP2A Pert5:
1.Apa yang kamu ketahui tentang VB?
2.Sebukan dan jelaskan komponen-komponen yang ada dalam VB!
3.Apa yang kamu ketahui tentang: a.)Tipe Data b.)Variabel c.)Operator pada VB

Rabu, 24 Maret 2010

Part 4

Karya Seni atau Film

Kalau kamu sering memperhatikan karya-karya seni, atau gemar mengoleksi dan menonton film-film, pasti pernah menebak-tebak hal ini. Yup, Square Enix kadang melakukan homage terhadap dua hasil karya kontemporer anak manusia ini. Misalnya dari buku Dante's Inferno, mereka mengambil ide dari nama-nama seperti Guido dan Beatrice (yang sedikit diplesetkan menjadi Beatrix).

Pernah menonton Star Wars: A New Hope? Ada dua karakter bernama Vicks dan Wedge yang membantu Luke Skywalker meledakkan Death Star menjelang akhir film. Kedua karakter tersebut mengilhami penamaan karakter Biggs dan Wedge. Sementara dari Star Wars: The Empire Strikes Back, ada nama Piet yang mengilhami orang-orang di Square Enix.


Salah satu puisi terkenal dari sang pujangga Inggris, William Shakespeare, berjudul The Rape of Lucrece, mengilhami penamaan Lucrecia yang kita kenal pemunculannya di Final Fantasy VII. Dari sebuah kisah epik yang merupakan perpaduan budaya Italia dan Romawi, terdapat nama Orlandeau yang mengilhami nama Orlando, sang Paladin dari Charlemagne.

Terakhir, ada sebuah lukisan berjudul Guernica karya seniman terkenal asal Spanyol yang terkenal dalam aliran kubisme & termasuk salah seorang pelukis revolusioner pada abad ke-20 karena saking eksentriknya, Pablo Picasso. Judul lukisan tersebut mengilhami salah satu penamaan di dunia Final Fantasy.

Anagram

Sentuhan terakhir Square Enix untuk pemberian nama-nama di serial Final Fantasy adalah anagram. Anagram merupakan salah satu jenis permainan kata, di mana huruf-huruf yang membentuk sebuah kata biasanya diacak untuk membentuk kata lainnya lagi. Contohnya nama Gerad dari Final Fantasy VI yang merupakan hasil acak dari Edgar.

Raem

Lalu Zalera atau Zarela yang merupakan anagram dari Azrael. Oscar yang akan dieja oleh orang Jepang menjadi O Su Ka, sepertinya merupakan anagram dari Ka O Su yang merupakan cara orang Jepang untuk mengeja Chaos. Mio dan Raem yang merupakan anagram sekaligus pemecahan dari satu kata, yaitu Memoria.

Lainnya

Kemudian ada asal-usul beberapa nama di serial Final Fantasy yang berangkat dari bermacam ide lainnya, yang hingga fitur ini selesai disusun tidak dapat kami masukkan ke kategori-kategori sebelumnya. Yah, mungkin karena kami agak menyerah. Bolak-balik memberantakkan meja & lemari orang lain, lalu kabur secepatnya saat disuruh merapikan lagi. Capek juga pas ngabur itu, hehe.

Garnet Til Alexandros XVII

Contohnya Yura yang berasal dari Yuri, merupakan nama yang populer dipergunakan di Rusia. Terus ada Garnet, asalnya dari nama salah satu batu mulia yang biasanya dijadikan perhiasan. Knave berasal dari sebutan lain untuk kartu Jack pada permainan kartu remi. Baron berasal dari status kebangsawanan bagi seorang pria berkelas pada zaman Dark Age.

Sumber: http://kotakgame.com/

Part 3

Negara atau Lokasi Sungguhan

Lalu bagaimana dengan Rydia, Wutai, dan Canaan? Pernah terpikir kalau 3 nama ini memiliki asal-usul yang sama layaknya Zanarkand yang kami utarakan di prolog fitur ini? Yup, ketiga nama tersebut berasal dari nama negara atau lokasi sungguhan yang nyata-nyata ada di dunia kita ini.

Rydia berasal dari penyebutan oleh orang Jepang terhadap Lydia, yang merupakan salah lokasi di pesisir barat dari Anatolia. Wutai sendiri merupakan nama pegunungan yang sungguh-sungguh ada di Propinsi Shanxi, China. Sementara Canaan merupakan sebutan lama bagi negara Israel.

Lydia

Wutai

Canaan

Ada lagi kalau kamu masih ingin tahu. Kilika berasal dari plesetan penyebutan Sisilia. Sementara Sanubia Desert ternyata diilhami dari Padang Pasir Nubia yang terletak antara sungai Nil dan Laut Merah di Mesir. Tahu Great Salt Lake? Ternyata ada sebuah danau bernama seperti itu di negara bagian Utah, Amerika.

Burmecia dan Cleyra diilhami dari nama dua buah kota yang berdiri pada abad ke-6 di bagian utara Inggris, yaitu Burnicia dan Deira. Madain Sari berasal dari salah satu lokasi di Arab yang bernama Madai Salih. Golgorand diplesetkan dari Golgotha, yang merupakan tempat di mana Yesus disalib. Lalu Araguay Woods kemungkinan merupakan perpaduan dari Uruguay dan Paraguay.

Tokoh Sungguhan

Beberapa nama tokoh sungguhan juga mengilhami orang-orang Square Enix untuk memberikan nama dalam serial Final Fantasy. Seperti Billy yang jelas-jelas mengambil ilham dari nama Billy the Kid, salah seorang buronan terpopuler di Amerika. Lalu ada Namingway yang kemungkinan mendapat inspirasi dari nama Ernest Hemingway, salah seorang pujangga Amerika.

Locke Kole diambil dari nama belakang John Locke, yang merupakan filsuf Inggris yang mencetuskan pemikiran Liberalisme. Sementara Don Corneo, seperti yang kamu tahu berasal dari pemlesetan nama Don Corleone. Daguerreo diilhami dari nama Louis Daguerre, penemu dari kamera modern.

Ernest Hemingway

Cyril kemungkinan mengambil referensi dari St. Cyril; salah seorang suci yang mengenalkan Kristen Ortodoks Timur. Lalu ada Draclau, yang merupakan sedikit pemlesetan dari Dracula Tepes, nama yang terkenal di daratan Transylvania. Giott yang bisa jadi terinspirasi oleh Giotto di Bondone, seorang pelukis dan arsitek yang hidup sekitar abad ke-13 di Florence, Italia.

Kemudian ada Madonna, yang berasal dari, yah. Madonna, hehe. Heidegger yang tak pelak diambil dari nama Martin Heidegger, salah satu filsuf terkenal dari Jerman. Bugenhagen, tentunya mengambil dari nama belakang Johannes Bugenhagen, yang merumuskan Reformasi Protestan. Terakhir yang kami tahu adalah Hanzou, yang berasal dari Hatori Hanzou tentunya.

Sumber: http://kotakgame.com/

Part 2

Bahasa Kuno & Bahasa Asing

Bagaimana dengan nama-nama seperti Cloud Strife, Squall, atau Tidus? OK, kita coba obrak-abrik isi lemari Pak Wakil Pemred. Wow, ada barang aneh. Jangan sampai fokusmu berubah. ^^; Sip, ternyata tiga nama tadi diambil dari bahasa kuno atau asing. Cloud Strife berasal dari bahasa kuno Inggris, atau tepatnya Anglo Saxon, berupa perpaduan dari kata Cloud yang bermakna misterius, serta Strife yang bermakna agresif.

Lalu Squall yang masih berasal dari rumpun bahasa yang sama, ternyata bermakna angin yang keras. Bagaimana dengan Tidus? Tidus diserap dari bahasa Jepang kuno, yaitu Tii-da yang bermakna matahari. Romantisnya, Tidus dipasangkan dengan Yuna, yang dalam bahasa Jepang kuno bermakna malam, atau bisa juga berarti bulan.

Tertarik dengan bahasa Spanyol? Orang-orang Square Enix juga begitu. Buktinya, ada Rosa yang berarti mawar, Lenna yang berarti ratu, juga Chupon yang berarti orang yang mudah kena tipu. Nama Cefca Pallazo sendiri didasarkan pada Pallazo yang berarti badut, sementara Azul the Cerulean berupa perpaduan dari kata Azul yang berarti biru dan Cerulean yang berarti kebiruan.

Selanjutnya giliran bahasa Latin. Ada Stella yang berarti bintang, juga Aeris yang bermakna udara. Sementara Vincent mengambil kata dasar Vincere yang berarti menundukkan. Rufus yang berarti sesuatu yang berwarna merah, lalu sobatnya Reno yang ternyata berarti mucikari. Argento yang bermakna perak.

Kitab Suci & Agama

Tak jarang, orang-orang di Square Enix juga tertarik dengan penamaan yang berasal dari kitab-kitab suci. Pernah tahu kira-kira nama Sephiroth, Tifa, atau Kuja diambil dari mana? Siapa korban kita berikut untuk diaduk-aduk? Sepertinya tidak jauh. Ah, iya. Pak Pemred kadang punya hobi unik mengumpulkan bahan-bahan tentang teologi. Coba kita cari, hehe.

Ketemu, ketemu. Sephiroth ternyata diambil dari agama Yahudi, yang merupakan 10 alur penting dalam Kabbalah, atau lebih dikenal sebagai Tree of Life, bermula dari Tuhan (direferensikan sebagai Ein Sof - Yang Tak Terbatas) mengungkap keberadaaan-Nya dan berlanjut menciptakan alam fana serta rantai kehidupan hingga kembali ke alam baka.

Sephiroth atau Tree of Life

Kemudian Tifa berasal dari Tiffa atau Tiferet juga dari agama Yahudi, yang merupakan pusat dari Tree of Life dan merupakan perlambang dari kecantikan, keseimbangan, serta cinta. Sementara untuk Kuja dikutip dari agama Hindu yang pengertiannya merupakan Putera Bumi, atau beberapa orang mengaitkannya dengan planet Mars.

Selain Sephiroth & Tifa, Hashmal juga diambil dari agama Yahudi, yang merupakan salah satu dari tujuh malaikat terdepan yang membela Tuhan. Menemani Kuja, dari agama Hindu, Square Enix memplesetkan nama dua dewa berpengaruh dalam agama tersebut, yaitu Kali & Brahma menjadi Kary & Brahne.

Sumber: http://kotakgame.com/

Part 1

Tahukah kamu kalau banyak elemen-elemen dalam game Final Fantasy yang terinspirasi dari dunia nyata. Sebagai contoh, kota Zanarkand yang ada di Final Fantasy X namanya terinspirasi dari kota kuno Samarkand yang kini kita kenal sebagai Uzbekistan. Guna menyambut kehadiran Final Fantasy XIII di tengah-tengah kita, KotGa ingin berbagi sedikit pengetahuan game yang kami miliki. So pasti, pengetahuannya akan berhubungan langsung dengan seri Final Fantasy.

Baik, sekarang kita mulai dari mana? Mungkin dari Final Fantasy-nya terlebih dulu, ya. Final Fantasy adalah sebuah game RPG yang awalnya dibuat oleh Hironobu Sakaguchi dan dikembangkan serta dilisensi oleh Square Enix (yang dulunya bernama Squaresoft). Pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1987.

Hironobu Sakaguchi

Lalu kenapa diberi nama atau judul sebagai Final Fantasy? Disebabkan game ini dulunya diniatkan sebagai game terakhir yang akan dirilis oleh Square, yang pada saat itu sedang berada di ambang kebangkrutan. Ternyata game tersebut malah sukses terjual dan diterima oleh publik game Jepang sebagai sebuah RPG yang bagus.

Kemudian dari mana orang-orang di Square Enix mendapatkan inspirasi untuk memberikan nama-nama dalam serial Final Fantasy? Apakah mereka kebetulan saja membuka sebuah buku, lalu saat menemukan sebuah kata, 'Ah, ini nama yang bagus'? Yah, enggak gitu juga, sih. ^^; Mereka melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu berdasar karakterisasi yang cocok

Mitos & Legenda

Hm, kira-kira pernah terpikir, dari mana mereka bisa mendapatkan nama Cid, Gilgamesh, atau Shin-Ra? Setelah kami membuka ensiklopedia yang tersimpan di laci meja Pak Pemred tercinta, ternyata tiga nama tersebut berkaitan dengan mitos dan legenda. Nama Cid berasal dari seorang karakter dalam legenda Spanyol bernama El Cid. Sementara Gilgamesh, ditambah Pazuzu (yang berarti Demon) berasal dari mitos bangsa Mesopotamia.

Lalu Shin-Ra dalam mitos Mesir bermakna Dark God, yang konon berujud mirip seperti vampir. Btw, jika terkait dengan mitos, Yunani termasuk jawaranya. Nama-nama seperti Four Fiends, Zemus (yang ternyata plesetan dari Zeus), Ultros (yang diambil dari Orthros, nama seekor monster dengan wujud anjing berkepala dua, yang juga pernah dihadapi Hercules sebagai lawannya), dan Promathia (Promethius, nama salah satu Titan) berasal dari mitos Yunani.

Cover DVD Film El Cid

Gilgamesh

Fujin dan Raijin

Oh, ya. Masih berkaitan dengan Yunani. Tidak hanya mitos, tapi Garland yang merupakan salah satu legenda dari bangsa tersebut juga menjadi salah satu asal usul bagi nama di Final Fantasy. Legenda Norse juga tak luput dari riset mendalam Square Enix. Nama-nama seperti Kraken, Bikke, dan Siegfried berasal dari sana. Jin yang awalnya kami pikir berasal dari bahasa Jepang, ternyata malah datang dari legenda bangsa Arab.

Sudah bosan dengan bahasan mitos & legenda? Jangan dulu, masih ada yang dipinjam Square Enix dari mitos Romawi yaitu Celes. Lalu dari Jepang, ada mitos Kappa juga Fujin dan Raijin yang merupakan dewa guntur dan dewa angin. Terus ada Mael Duin, yang bisa jadi adalah plesetan dari Maduin di mitos Irlandia. Dan akhirnya, ada Ramuh yang bisa jadi dimaksudkan sebagai Ra-Mu dari legenda Atlantis.


Sumber: http://kotakgame.com/

Strengths Finder, Eksploitasi Kekuatan Diri

Sudah baca buku-buku di bawah ini? Buku-buku tersebut adalah karya para peneliti dari Gallup, sebuah lembaga survey dunia, yang mengumpulkan data lebih dari dua juta orang responden untuk menjelaskan tentang konsep strengths atau kekuatan manusia yang berbeda-beda dan bagaimana cara kita mengeksploitasi kekuatan diri kita. Konsep ini sudah dipakai sebagai dasar manajemen sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan besar. Selayaknya paradigma StrengthsFinder ini dipahami pula oleh guru dan orang tua dalam mendidik murid-murid dan anak-anaknya.

Buku ini dimulai dengan membongkar paradigma mendasar yang dipercaya oleh banyak orang. Kita memiliki asumsi yang salah tentang manusia (artinya asumsi yang salah itu juga berlaku bagi diri kita sendiri!). Pertama, kita percaya bahwa setiap manusia bisa menjadi kompeten dalam hal apa pun kalau dia mau belajar. Ternyata ini salah! Tiap manusia memiliki bakat yang unik dan permanen. Kita juga percaya bahwa seseorang akan menjadi jauh lebih baik bila ia berfokus memperbaiki kelemahannya. Salah lagi! Seseorang bisa menjadi jauh lebih baik justru bila ia berfokus mengembangkan kekuatan terbaiknya. Tapi apakah sebenarnya kekuatan itu?

Kekuatan seseorang bisa didefinisikan sebagai area di mana ia secara konsisten menunjukkan performa mendekati sempurna. Kekuatan sendiri bisa dirumuskan sebagai gabungan dari bakat dan investasi. Bukan investasi uang yang dimaksud di sini, namun investasi waktu untuk melatih dan mengembangkan keahlian serta menambah pengetahuan kita. Artinya cukup dengan berlatih, berlatih, dan berlatih? Tunggu dulu, kan masih ada satu faktor penting lagi, yaitu bakat. Bakat bisa didefinisikan sebagai pola yang berulang dari pikiran, perasaan, atau perilaku, yang bisa diaplikasikan secara produktif. Yang jarang dipahami orang tentang bakat adalah bakat itu unik… dan permanen! Artinya kita tidak bisa berganti bakat. Maksudnya bagaimana tuh?

Pola berulang yang kita alami itu dibentuk oleh koneksi-koneksi dalam otak kita yang, sesudah melewati usia tertentu, tidak akan bisa kita desain ulang. Untuk memahami hal ini kita perlu melihat ke dalam otak kita yang misterius. Ketika kita masih bayi, otak kita berkembang begitu pesat. Sampai pada titik tertentu ketika kita beranjak dewasa, otak justru “menciut”. Lho, kita jadi tambah bodoh donk??!!! Malah sebaliknya, ketika otak semakin mengecil saat kita mendewasa, justru kita bertambah cerdas. Bagaimana bisa begitu? Tadi kan saya sudah katakan kalau otak kita memang misterius. Rahasianya ada pada apa yang disebut dengan sinapsis. Apakah itu sinapsis?

Untuk menjelaskan sinapsis, kita harus tahu dulu mengenai neuron. Harap bersabar kalau agak panjang ceritanya. Ini bakal menarik kok. Empat puluh dua hari setelah kita dibuat (ehem), kita membentuk neuron pertama kita. Lalu, 120 hari kemudian, kita memiliki… 100 milyar neuron!! Itu artinya, 9500 neuron baru per detik! Tapi sesudah itu tidak terlalu ada pertambahan lagi. Kita dilahirkan dengan 100 milyar neuron, dan kita tetap memiliki 100 milyar neuron sampai usia paruh baya. Enam puluh hari sesudah kita dilahirkan, neuron-neuron itu menjalin komunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan membentuk untaian yang disebut akson. Setiap kali ada untaian yang sukses terkoneksi dengan yang lain, maka terbentuk satu sinapsis. Saat kita berusia tiga tahun, masing-masing neuron kita yang berjumlah 100 milyar itu telah membentuk 15.000 jaringan komunikasi sinapsis dengan neuron lain. Berapa jumlah total sinapsis yang terbentuk? Silahkan hitung sendiri. Namun kemudian sesuatu yang aneh terjadi…

Entah mengapa, secara alami kita akan mengabaikan banyak dari jalinan sinapsis yang telah terbentuk. Seperti pada hal-hal lain juga, sesuatu yang diabaikan akan menjadi rusak dan usang. Akhirnya, banyak jalinan sinapsis itu yang berguguran, sampai-sampai di usia kita yang ke-16 hanya tinggal setengah dari seluruh jaringan sinapsis itu yang masih bertahan. Kita pun tidak bisa membangunnya kembali. Apakah ini pertanda buruk?

Jangan sedih dulu, kenyataannya ini justru baik untuk kita. Tidak benar kalau ada yang berkata semakin banyak jalinan sinapsis yang kita miliki di otak maka kita semakin cerdas atau semakin efektif. Kecerdasan dan keefektifan kita bergantung pada seberapa baik kita bisa memanfaatkan jalinan sinapsis terkuat. Kita secara alami dipaksa untuk mematikan milyaran koneksi agar kita bisa bebas mengeksploitasi yang terkuat bagi kita. Syukurlah…

Lalu, bagaimana cara kita mengidentifikasi bakat kita? Ada beberapa petunjuk. Coba kita ingat-ingat kembali dan kita pikirkan dengan tenang hal-hal berikut yang muncul pada diri kita: reaksi spontan, keinginan yang mendalam, kepuasan yang didapat, dan kemudahan menguasai suatu hal. Dengan memperhatikan empat petunjuk itu, kita bisa mengira-ngira bakat yang ada pada diri kita. Atau bisa juga dengan membeli buku-buku di atas yang menyediakan online assessment untuk mengetahui kekuatan kita.

Apa hambatan terbesar dalam mengembangkan kekuatan diri? Jawaban klise namun memang demikian adanya: diri kita sendiri lah yang sering menyabotasi pengembangan kekuatan diri. Kita takut akan kelemahan diri, takut gagal, dan takut untuk mengetahui seperti apa diri kita sesungguhnya. Ketakutan seperti ini tidak perlu diabaikan. Rasakan ketakutan itu, namun tetap hadapi secara langsung.

Selanjutnya, bagaimana dengan kelemahan kita? Apa tidak perlu ditutupi? Jangan terlalu buang waktu mengurusi kelemahan. Kalau kelemahan itu merugikan, cukup ditutup sedikit saja, yang penting bisa jalan terus. Contoh: bintang basket Shaquille O’Neal terkenal sangat dominan mencetak nilai namun tidak bisa mencetak lemparan bebas. Akhirnya kelemahan ini dimanfaatkan oleh lawan sampai merugikan timnya. Shaquille O’Neal pun berlatih memperbaiki lemparan bebasnya, tapi hanya sedikit saja supaya tidak jelek-jelek amat sehingga dimanfaatkan lawan. Dia tidak berlatih untuk menjadi pemain dengan lemparan bebas terbaik di liga basket NBA. Namun dia tetap berlatih mengeksploitasi kekuatannya dalam mencetak nilai.

Ada beberapa cara lain juga untuk mengatasi kelemahan. Ciptakan support system. Seperti kalau kita pelupa, maka kita gunakan kalendar di handphone sebagai reminder acara2 penting. Lalu bisa juga kita mengeksploitasi kekuatan sedemikian rupa sampai membuat kelemahan kita menjadi tidak signifikan. Cara lain yang paling ok menurut saya adalah mencari partner untuk saling menutupi kelemahan dan saling mengisi. Cara terakhir adalah berhenti melakukan sesuatu yang tergantung pada hal yang justru kita lemah. Artinya sesuatu itu tidak cocok untuk kita.

Konsep kekuatan diri ini tidak harus mengarahkan kita pada karier-karier tertentu. Namun konsep ini membantu kita melakukan “modifikasi” pada cara kerja kita sehingga bisa mengeksploitasi kekuatan diri sebanyak mungkin. Dalam mendidik siswa dan anak-anak pun kita harus mengingat konsep ini. Sekali lagi, jangan paksa mereka menutupi kelemahan, tapi carikan tempat yang tepat di mana mereka bisa mengembangkan dan mengeksploitasi bakat dan kekuatan mereka. Ingat, sebenarnya kita semua, termasuk anak-anak kita, tidak akan bisa menjadi seseorang yang bukan diri kita sesungguhnya. Artinya, belum tentu kita bisa menjadi apapun yang kita mau. Namun kita pasti bisa menjadi diri kita sendiri dalam versi yang jauh lebih kuat dan lebih baik. Selamat mengeksploitasi kekuatan diri!***


Dikutip dari: http://wajibbelajar.com/

12 Ciri Orang Terdidik… yang Mungkin Tidak Kita Pelajari di Sekolah

Posting ini saya ambil dari tulisan John Taylor Gatto dari situs Yes! Magazine. Sedangkan tulisan John Taylor Gatto ini sendiri sebenarnya diadaptasi dari bukunya yang berjudul “Weapons of Mass Instruction”.

Apakah ciri orang terdidik? Apakah ia memiliki gelar kesarjanaan dari perguruan tinggi terkemuka? Atau ia memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional di atas 9 untuk tiap mata pelajaran? Ataukah ia adalah orang yang rajin belajar Matematika (karena kalau demikian ia pasti rajin belajar yang lain juga, seperti menurut Jusuf Kalla)? Menurut John Taylor Gatto, bukan itu semua.

John Taylor Gatto adalah seorang guru dengan pengalaman mengajar di sekolah formal selama 30 tahun di kota New York, dan bahkan ia pernah memenangkan gelar penghargaan tahunan Guru Terbaik di negara bagian New York. Namun pengalaman mengajarnya justru membuat ia sadar bahwa murid seharusnya menghabiskan waktu lebih banyak di luar kelas daripada di dalam. Membangun karakter dan bergaul dengan komunitas jauh lebih berharga daripada belajar dari textbook atau mengikuti jadwal pengajaran yang kaku. Berikut ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh orang yang terdidik:

  1. Memiliki prinsip-prinsip dan nilai-nilai pribadi, namun menyadari, memahami, dan menghargai prinsip dan nilai yang dimiliki oleh komunitas di sekelilingnya dan juga oleh berbagai ragam budaya yang ada di dunia.
  2. Menyadari dan mengeksplorasi warisan sejarah, budaya, dan tradisi dari para pendahulunya.
  3. Merasa nyaman saat sendiri, tidak mencari persahabatan konstan melalui hiburan TV, komputer, telepon seluler dan tidak pula persahabatan dangkal yang cepat diperoleh namun cepat pula ditinggalkan (baca posting ini untuk penjelasannya), namun memahami dinamika antar manusia serta mampu membentuk hubungan yang sehat dengan sesamanya.
  4. Menerima bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Menyadari bahwa setiap pilihan yang diambil dapat mempengaruhi generasi-generasi berikutnya.
  5. Menciptakan hal-hal baru dan menemukan pengalaman-pengalaman baru.
  6. Dapat berpikir sendiri, tidak harus selalu disuplai jawaban. Dapat mengobservasi, menganalisa, dan menemukan kebenaran tanpa harus bergantung pada opini orang lain.
  7. Lebih menyukai cinta, keingintahuan, rasa hormat, dan empati, daripada kekayaan materi.
  8. Memilih aktivitas dan pekerjaan yang berkontribusi pada kebaikan dan keuntungan bersama.
  9. Menikmati tempat dan pengalaman baru yang bervariasi, namun memiliki dan mencintai tempat yang bisa disebut “rumah”.
  10. Menyuarakan pendapatnya sendiri dengan penuh rasa percaya diri.
  11. Memberi nilai tambah pada tiap pertemuan dengan orang lain dan pada tiap kelompok tempat ia tergabung.
  12. Selalu bertanya: “Siapakah diriku sebenarnya? Apa saja batasan yang aku miliki? Apa saja kemungkinan yang bisa aku raih?”

Demikian daftar yang dibuat John Taylor Gatto mengenai ciri-ciri orang terdidik. Apakah Anda setuju? Adakah yang kurang atau justru berlebih? Menurut Anda, mana saja dari semua ini yang kita dapatkan di sekolah, mana yang tidak? Bagaimana caranya kita bisa mengajarkan hal-hal ini pada anak/siswa? Saya nantikan opininya.***

John Taylor Gatto


Dikutip dari: http://wajibbelajar.com/

MENJADI TERANG BAGI SESAMA

"Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, katanya: "Akulah terang dunia; barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
(Yoh 8:12)


"Akulah terang dunia...." (Yoh 8:12). Yesus, rabbi pengelana dari kota Nazaret, menyatakan bahwa Dia adalah terang dunia. Memang luar biasa. Sejak awal abad pertama di Galilea, Yesus memperkenalkan diri sebagai terang. Dan kelak Yesus sendiri akan menjadi terang bagi bangsa-bangsa. Yesus adalah terang. "Barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." (Yoh 8:12). Pernyataan Yesus ini punya akibat langsung bagi setiap orang kristiani bahwa setiap orang Katolik memiliki terang hidup. Selanjutnya, terang itu menerangi langkah hidupnya.

Terang di dalam Kitab Suci sering kali dipertentangkan dengan kegelapan. Terang melambangkan hidup, kesejahteraan dan kegembiraan, kegelapan melambangkan kematian, kemalangan dan dukacita. Dengan kegelapan perbudakan dipertentangkan dengan terang kebebasan dan keselamatan di zaman Mesias, dan terang itu pun sampai kepada bangsa-bangsa lain, melalui Kristus terang itu mencapai kesempurnaan dalam Kerajaan Sorga. Kita adalah pengikut setia Yesus, maka kita mendapat terang. Kita mendapat terang hidup dari Yesus secara gratis, berarti terang itu datang dari luar diri kita. Dalam Kitab Suci, kelak Yesus sendiri akan menjadi terang bagi banyak orang. Apa artinya bagi kita semuanya ini? Sebagai murid Yesus, bukan semata-mata mengharapkan terang dari luar diri kita untuk menerangi langkah hidup kita, tetapi juga untuk menjadi terang bagi orang di sekitar kita.

Tahun 2010 KAJ mengangkat tema APP tentang melawan kemiskinan. Memerangi kemiskinan menjadi fokus gerakan Gereja Jakarta untuk mengungkap keprihatinan dan kepedulian untuk si miskin. Gereja Jakarta menabuh genderang perang untuk memerangi kemiskinan. Bila kita tidak pedulu dengan si miskin, kita ada dalam kegelapan, sehingga kita tidak memancarkan terang. Bila kita prihatin dan peduli dengan si miskin, kita ada dalam terang, sehingga kita bersinar memancarkan terang hidup bagi orang di sekitar kita.



Pertanyaan Reflektif:
Seberapa banyak kita sudah menerima terang hidup secara gratis dari Allah dan seberapa banyak pula kita sudah menjadi terang bagi sesama terutama yang miskin; baik dalam perhatian, pikiran, sikap dan tindakan nyata?

Selasa, 23 Maret 2010

Download Contoh LA AP2A DELPHI Pert3 (INGADDD.. CUMA CONTOH!!)

nih cntoh LA AP2A pert3..
Untuk Projectnya kita tetep buat 4 Form... seperti di slide persentasi dari Ka Susilo...
Untuk Logika cukup Form1 dan Form2 saja....okok...

LA AP2A Pert3.doc

NB:
kalian harus coba sendiri yah buat 4 form ntu.... ikutin Instruksi yang ada di slide sama persis...
pasti bisa....
Logika Form1 n Form2 aja...thx. n.n

Download Slide Pert 4 KTI n AP2B

nihh gann... voo 1IA18...

KTI Pert4.rar

AP2B Pert4.rar



NB:
-Untuk LA KTI Pert4 MS POWER POINT buat 6 slide.... materi bebas... harus ada efek ANIMASI..

-Untuk LA AP2B Python Pert4... buat listing + logika... Luas Persegi, Luas Persegi Panjang, Keliling Persegi Panjang, n Luas Lingkaran..

Senin, 22 Maret 2010

The Lord of the Rings 3: The Return of the King

File:EsdlaIII.jpg


Date Released : 11 December 2003
Starring : Orlando Bloom, Sean Astin
Genre : Action | Adventure | Fantasy



Sequel ketiga dari Lord of the Ring ini masih melanjutkan cerita dari sequel sebelumnya. Dimulai dengan dua hobbit yaitu Frodo (Elijah Wood) dan Sam (Sean Astin) sekali lagi harus melalui perjalanan panjang dan melelahkan agar bisa mencapai daerah Mordor tempat cincin tersebut di buat. Karena hanya di Mordor itulah, cincin itu bisa dihancurkan. Selama melakukan perjalanan itu, mereka harus mempercayai seorang makhluk aneh bernama Gollum (Andy Serkis). Gollum merupakan orang yang pernah menyimpan cincin tersebut di masa lalu. Gollum berjanji kepada Frodo dan Sam untuk memandu mereka ke kawah Gunung Dom, di Mordor. Namun Sam menaruh curiga bahwa Gollum yang pernah dipengaruhi kekuatan jahat cincin itu punya keinginan untuk membunuh mereka agar memperoleh kembali cincin tersebut.

Sementara itu Aragon harus menghadapi tugas berat yaitu menyatukan orang-orang di Middle Earth yang berbeda-beda ras dan negara agar bisa membantunya melawan Mordor.

Apakah mereka akan berhasil menghancurkan kekuatan jahat Souron untuk selamanya???

Sabtu, 20 Maret 2010

LP AP2B Python Pert4 + Jawaban

1. Jelaskan konsep OOP pada python?
2. Jelaskan tentang class,inheritance dan constructor pada python!!
3. Buat B.U dari class!
4. Buat Contoh program sederhana menggunakan konsep OOP pada Python!!

Jawaban:

Untuk jawaban bisa diliad disini...
http://id.wikibooks.org/wiki/Python_Selayang_Pandang

Download Contoh LA AP2B n KTI Pert3 (INGAAADD..Cuma Contoh)

cm contohh yah kawandd... kalian harus coba sndiri programnya... thx. n.n

LA AP2B pert3.doc

LA KTI Pert3.doc


NB:
khusus untuk LA KTI pert3 MS ACCESS.. Field ama Recordnya kata kk ASLABx g boleh sama...so kalian harus coba sndiri di kompie kalian masing2...okok.. thx. n.n

WAKTU UNTUK TUHAN

"Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya." (Mat 1:24a)


Dalam kutipan Injil Matius kita mendengar, setelah Yusuf mengetahui bahwa Maria tunangannya itu telah mengandung, ia berencana ingin meninggalkannya secara diam-diam. Yusuf ingin lari dari kenyataan bahwa Maria telah mengandung seorang anak. Karena dia merasa cemas, malu, takut jika diketahui oleh masyarakat bahwa tunangannya telah hamil duluan sebelum mereka menikah. Tetapi apa yang terjadi? Dalam mimpinya malaikat Tuhan datang kepada Yusuf dan memberikannya penjelasan serta peneguhan, bahwa anak yang dikandung oleh Maria itu adalah dari Roh Kudus, yang akan menjadi penyelamat dunia.

Saat itu Yusuf tidak tahu apa yang harus dilakukan, dia juga tidak memiliki persiapan apapun untuk menghadapi kenyataan yang ada dalam diri Maria. Yusuf bisa saja tidak mengikuti apa yang dikatakan oleh malaikat bahkan dia pergi meninggalkan Maria, tetapi itu tidak dilakukannya. Yusuf tetap menyediakan dirinya untuk Tuhan lewat kesetiaannya mendampingi Maria.

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari kita lupa akan Tuhan, karena mungkin saja kita terlena dengan kesibukan pekerjaan di kantor, aktivitas di sekolah atau kampus, berbagai macam kegiatan di gereja atau di mana saja kita berada. Seringkali kita mungkin lupa menyempatkan diri diam sejenak di hadapan Tuhan, bersyukur atas rahmat kehidupan, pekerjaan, keluarga, dan hal-hal lain yang telah kita terima selama ini. Tuhan selalu hadir untuk kita setiap saat dalam bentuk, cara, dan peristiwa apapun dalam kehidupan kita, tetapi terkadang kita tidak menyadari kehadiran Tuhan dan kurang menyempatkan diri untuk hadir kembali bersama Tuhan.

Tuhan tidak meminta kita untuk menyediakan banyak harta yang berlimpah sebagai bentuk cinta kita kepada Tuhan. Dia hanya meminta kita untuk menyediakan waktu untuk Dia. Dia menunggu kehadiran kita setiap harinya. Kehadiran kita bisa dalam bentuk doa setiap hari atau kunjungan ke hadapan Sakramen Mahakudus atau juga kesetiaan mengikuti perayaan Ekaristi setiap hari atau setiap minggunya. Kita bisa belajar dari pribadi Yusuf yang selalu terbuka menyediakan diri untuk Tuhan dalam situasi apapun. Dalam masa prapaskah ini mari kita mewujudkan pertobatan kita dengan lebih menyediakan diri dan waktu untuk Tuhan dan sesama yang membutuhkan, bukan waktu-waktu yang tersisa dari kehidupan kita.


Pertanyaan Reflektif:
Apakah kita sudah menyediakan waktu, hati, dan diri kita untuk Tuhan setiap harinya atau kita hanya memberikan waktu-waktu tersisa kita untuk Tuhan?

Jumat, 19 Maret 2010

LP KTI Pert4

Materi: Ms Power Point

1.) Jelaskan penggunaan Ms Power Point!
2.)Jelaskan yang kalian ketahui tentang pembuatan efek animasi pada pembuatan Ms Power Point!

Download Slide pert3 AP2A DELPHI

nih...

Pert3 AP2A Delphi.rar

Kamis, 18 Maret 2010

LP AP2A DELPHI Pert3 + Jawaban nihh.. << REQUEST nak2 1ia18

1. Apa yang kalian ketahui tentang animasi dan menu dalam delphi 7?sebutkan komponen yang digunakan di dalamnya!
2. Buat sebuah program sederhana animasi dan menu dalam delphi 7!


Jawaban:

1.) a.)Animasi
Gambar Animasi bisa disebut juga
dengan gambar yang bergerak, dan juga berfungsi sebagai informasi, yang format filenya
sering kita dengar yakni gif animation, swf, dan lain-lain.
Gambar animasi ini sering digunakan pada Software-software aplikasi dan media
informasi lainnya sebagai grafik user interface. Karena sebuah Program Aplikasi
Informasi tidaklah lengkap kalau belum ada Animasi sebagai Grafik User Interfacenya.
Gambar Animasi ini terdiri dari beberapa file yang berformat gambar.
Komponen yang digunakan pada Animasi di Delphi 7:
Timer

b.)Menu




2.)Contoh Program:
a.)Animasi

Animasi yang saya maksud disini adalah animasi pergerakan komponen label. Jadi komponen ini bisa di gerakkan ke kiri, kanan, atas atau bawah..

Caranya :

1. Buat form yang terdiri dari 3 objek komponen

2. atur properties timer. Ubah intervalnya menjadi 5.

maksud properties interval adalah berfungsi untuk mengatur penundaan eksekusi program yang sedang berjalan atau running. Jika nilai yang ada dalam properties interval semakin diperkecil, kecepatan pergerakan animasi akan semakin cepat. untuk 1 detiknya diwakili dengan angka 1000

3. Setelah diatur seperti diatas, double klik komponen timer untuk memberikan kode tambahan.

OK..selesai deh…coba run…..



b.)Menu

  1. Buat Project sebuah baru anda, dari menu File -> New -> Application,maka akan otomatis ada form1
  2. Buat beberapa form baru di dalam project anda tersebut. Dari menu File -> New -> Form, pada contoh ini saya membuat 3 form yaitu Form1 (sebagai menu utama), Form2 dan Form3 sebagai Form prompt ketika di klik salah satu menu.
  3. Jangan lupa menyimpan project dan form-form anda, dari menu File -> Save All.
  4. Mulai membuat menupada Form1 letakkan object MainMenu yang ada ditab Standar. Klik kanan pada MainMenu1 -> Menu Designer. maka akan ada tampilan edit menu.2.jpgKlik pada area biru gambar diatas, kemudian pada properties Caption ketikkan “Document“, kemudian enter. Satu menu utama sudah terbuat.Untuk membuat menu dari Document, klik pada menu document, akan ada satu area menu yang masih kosong, klik kemudian pada caption ketikkan Baru dan enter, dan seterusnya untuk menu-menu lain.

    Untuk membuat garis pembatas antar menu, cukup ketikkan - (tanda min), pada caption.

    Untuk membuat sub menu dari menu Baru, klik kanan pada Menu Baru -> Create Sub Menu, klik pada satu area kosong dari sub menu baru, kemudian ketik Dokument Kosong. Demikianjuga untuk membuat menu-menu.

    Close windows editor menu untuk selesai dan kembali ke design Form1. Jika berhasil maka pada form1 sudah ada menu-menu yang kita buat.

  5. Membuat Form show/dan showmodal.untuk contoh ini, Form2 akan ditampilkan jika dipilih menu Document -> Buka.
    pilih menu Document dan klik Buka, maka akan masuk ke lebar source code, Kodenya adalah
    Form2.Show;

    atau bisa juga

    Form2.ShowModal.

    Apa perbedaan antara kedua kodenya?

    Jika menggunakan fungsi show, maka form1 dan form2 bisa bertukar tempat, artinya form1 bisa diatas Form2 dan Form2 bisa diatas form1. Tapi ShowModal akan membuat Form1 sebagai menu utama selalu berada dibelakang, dan Form2 akan selalu berada diatas (Always on Top).

  6. Simpan kembali project anda.
  7. Run / F9 untuk eksekusi.ketika run akan ada pesan berikut







Rabu, 17 Maret 2010

Download contoh LA AP2A Delphi Pert2

nihh contohh LA AP2A DELPHI Pert2....LOOP n ARRAY seperti perintah kk PJ Susilo..

LA AP2A Pert2.doc


Ingeeddd ini cm contoh.... Kalian harus coba langsung listing n program di Delphi 7..
buat yg ga punya programnnyaa nihhh link download Delphinya..
Borland Delphi 7

n Logika buatnya per blok program yah jgn per statemen <<< perintah dari aslab kita kemarennn..okok..

1IA18.... AYEE.... n.n

Selasa, 16 Maret 2010

MANUSIA MEMBUTUHKAN ORANG LAIN

"Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara ku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."
(Yoh 5:7)


"Kasihan ... " itu perasaan kita ketika merenungkan nasib orang yang telah 38 tahun menderita sakit. Dan lebih kasihan lagi, karena ia sendirian, tak seorang pun rela membantunya untuk menuju ke air kolam yang bergoncang agar dapat sembuh dari penyakitnya. Mungkin orang itu tidak punya saudara, anak, istri, atau sahabat. Mungkin dia tidak punya siapa-siapa lagi. Atau mungkin orang lain telah jijik padanya karena telah 38 tahun sakit. Pastilah tubuhnya yang tidak sehat tidak segar lagi. Penampilannya pun pastilah tidak menarik, karena dia tidak dapat merawat dirinya sendiri. Menyaksikan itu Tuhan Yesus tidak berhenti pada kasihan belaka. Tuhan Yesus segera bertindak. Kreativitas cinta-Nya pada manusia sesama-Nya sungguh menyala. Tuhan Yesus menawarkan: "Maukah engkau sembuh?" . Dan tanpa menunggu lama Tuhan Yesus menyembuhkannya. Tuhan Yesus Sang Air Hidup mendatangi si sakit, menawarkan kesembuhan dan menyembuhkannya.

Air memang merupakan sumber kehidupan setiap makhluk. "... sehingga ke mana saja sungai itu mengalir, segala makhluk hidup yang berkeriapan di sana akan hidup. Ikan-ikan akan menjadi sangat banyak, sebab ke mana saja air itu mengalir, semuanya di sana hidup. Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis-habis, tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon itu mendapat air dari tempat kudus. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat". Yesus mendatangi manusia yang kehausan dan membutuhkan air. Tuhan memberikan teladan pada kita untuk berani mendatangi sesama, menolong dan berbuat bagi orang lain.

Zaman ini memang sukar menemukan orang yang mau menolong tanpa imbalan. Sukar menanamkan dalam diri kita sendiri dan pada anak-anak kita kerelaan untuk menabung kebaikan dengan imbalan kehidupan kekal. Namun hari ini kita semua diajak untuk meneladan Tuhan Yesus. Kita diajak untuk berani membuka diri menolong sesama yang membutuhkan dan miskin. Manusia tidak dapat hidup sendirian di dunia ini, kita hidup dan tumbuh bersama orang lain. Maka kalau kini kita sehat, kuat, berkecukupan, kita diundang untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan yang ada di sekitar kita. Bahkan kalau kita hidup pas-pasan dan kekurangan pun, iman kita mengajarkan kita untuk tetap berbagi. Ingat janda miskin yang memberi dari kekurangannya. Berbuat kasih kepada sesama seperti yang diajarkan Tuhan Yesus, adalah ungkapan iman dan kasih kepada Allah, karena Allah adalah kasih. Dan bila kita berani ikut ambil bagian dalam karya pelayanan kasih, kita memenuhi panggilan dan perutusan Gereja. Kita semua dipanggil untuk berbuat kasih agar semakin banyak orang mengalami kebaikan dan keselamatan yang sedang dikerjakan oleh Allah.

The Lord of the Rings 2: Two Towers

File:LOTRTTTmovie.jpg

Date Released : 5 December 2002
Starring : Orlando Bloom
Genre : Action | Adventure | Fantasy


Film The Two Towers ini merupakan kelanjutan cerita yang terjadi dalam film "Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring".

Dalam perjalanannya ke kawah Dom untuk menghancurkan cincin milik Dark Lord Sauron, penguasa kegelapan, kelompok Frodo yang terdiri dari 9 orang kini terpecah. Frodo dan Samwise (Sean Astin) kini hanya berdua yang pergi ke Mordor karena Merry (Dominic Monaghan) dan Pippin (Billy Boyd) ditawan oleh bangsa Elves yang jahat, Uruk-hai, sedangkan Boromir (Sean Bean) telah tewas. Sementara itu, Legolas dan Gimli telah bergabung dengan Rohan, sebuah bangsa manusia yang dipimpin oleh seorang raja yang telah menua, Theoden (Bernard Hill). Namun kekuatan kebaikan di Middle Earth kini menghadapi masalah serius karena dua menara yang terletak antara Mordor dan Isengard, yaitu Barad-dur dan Orthanc telah bersatu untuk penghancuran dunia.

Selain itu, penyihir jahat Saruman (Christopher Lee) dengan bantuan kekuatan dari penguasa kegelapan, Dark Lord Sauron, dan asistennya, Grima Wormtongue (Brad Dourif), telah menciptakan pasukan yang sangat besar untuk menghancurkan umat manusia dan Middle Earth. Namun Gandalf the White (Sir Ian McKellen), yang semula dikira tewas akan memimpin perlawanan untuk melawan kekuatan jahat Sauron.

Bisakah mereka melawan kekuatan hitam Sauron???


File:Helmsdeep-siege.jpg
The 10,000 strong Uruk-hai besiege Helm's Deep



File:Twotowerscast2.JPG
From left to right: Karl Urban, Bernard Hill, Ian McKellen, Orlando Bloom, and Viggo Mortensen. According to director Jackson The Two Towers is centred around Aragorn.


File:MtSunday.jpg
The hill known as Mount Sunday, in Canterbury, New Zealand, provided the location for Edoras


File:Two Towers-Gollum.jpg
Gollum eating a fish.