#KlubStartup

Kamis, 30 September 2010

Apa sih mata kuliah "Soft Skill" itu?

Apa sih bedanya Hard Skill dan Soft Skill?

-HARDSKILL (Kemampuan TEKNIS) kemampuan yang kita miliki atau dipelajari baik di kelas maupun di laboratorium, mereka yang belajar dengan rajin, giat, dan tekun akan memperoleh kemampuan teknis yang baik, dicerminkan salah satunya dengan nilai atau IP(indeks prestasi) yang tinggi. Sifatnya visible karena ada benda yang dapat membuktikannya seperti ijazah,srtifikat, dsb.
-SOFTSKILL (Kemampuan NON-TEKNIS) kemampuan seseorang untuk bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik pada lingkungan dimana dia berada. Sifatnya invisible. Attribut dari softskill ini seperti, Sikap baik seperti integritas, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, kemampuan beradaptasi, pemecahan masalah dan lainnya.


Mengapa mata kuliah Soft Skill itu penting?

Ada sebuah statement dari seorang dosen mengatakan: “orang yang pintar tetapi tidak memiliki kemampuan softskill pun akan menjadi percuma sedangkan orang yang biasa saja tetapi memiliki kemampuan softskill justru menjadi tidak biasa.” Statement itu semakin memperkuat bahwa memang 80% penentu dunia kerja adalah softskill.

Gunadarma sangat aware dengan masalah ini, mungkin juga dgn Univ” Lain di Indonesia.
Penilaian mata kuliah softskill yaitu mengisi fortofolio pada
studentsite, lakukan login pilih tab menu Tugas (UG Fortofolio) atau bisa juga Tulisan (UG Fortofolio), maka tulisan anda akan muncul di wartawarga gunadarma.

Beberapa situs yg berguna terkait materi Mata Kuliah di Gunadarma:

http://ocw.gunadarma.ac.id untuk bahan ajar per mata kuliah

http://elearning.gunadarma.ac.id untuk e-book, termasuk materi softskill

http://staffsite.gunadarma.ac.id (homepage pribadi dari dosen pengampu)

http://repository.gunadarma.ac.id untuk paper ilmiah

http://ejournal.gunadarma.ac.id untuk mencari abstrak dari jurnal UG

http://library.gunadarma.ac.id untuk mencari abstrak Penulisan Ilmiah dan Skripsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget