#KlubStartup

Senin, 03 Desember 2012

Bedah Website E-Commerce, Tokopedia.com

Logo Tokopedia

 Sejarah Perusahaan

Ide Tokopedia berawal pada akhir tahun 2007, di warteg samping Gedung Cyber, Jakarta Selatan.
PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, sedangkan Tokopedia.com dibuka untuk public beta pada tanggal 17 Agustus 2009.
Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama dan setelah kesuksesan awal, Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang.
Dengan ini, Batara Eto (co-founder dan ex-CTO dari Mixi.jp - situs jejaring sosial terbesar di Jepang), Willson Cuaca (pendiri dari XSago, perusahaan aplikasi mobile berbasis di Singapura), Taiga Matsuyama and Chandra Tjan dari East Ventures sekarang diangkat menjadi anggota Board of Directors Tokopedia.
Kemudian pada tanggal 19 April 2011, pihak Tokopedia mengumumkan bahwa CyberAgent Ventures dari Jepang turut melakukan investasi kepada Tokopedia. Menurut sumber yang didapat dari TechCrunch, DailySocial melaporkan bahwa nilai investasi kali ini adalah sebesar US$700,000.- yang ditukar dengan 10% saham Tokopedia. Dengan ini, valuasi nilai perusahaan Tokopedia per bulan April 2011 itu sudah mencapai nilai US$7,000,000.-

Visi-Misi Perusahaan

Memberikan kesempatan bagi setiap individu bisnis maupun UKM untuk membuka toko-online mereka dengan cara yang sangat mudah, dan memungkinkan terjadinya transaksi online yang lebih nyaman dan aman.

 

Homepage Tokopedia

 

Kelebihan Website

Diambil dari halaman About Tokopedia, beberapa kelebihannya antara lain:

Kekurangan Website

 Beberapa kekurangan Tokopedia diantaranya:
  1. Hanya menjual barang yang ready stock
  2. Jasa pengiriman hanya menggunakan Tiki JNE
  3. Belum ada mendukung online payment seperti Credit Card, Paypal, dan sebagainya  

Saran

Implementasi online payment dan peningkatan keamanan dalam berbelanja online sehingga pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi dengan cepat dan aman.


Sumber gambar:
http://www.navinot.com/2009/08/13/keseriusan-william-tanuwijaya-mengolah-tokopedia/

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
http://tokopedia.wordpress.com/2009/06/20/every-end-is-a-new-beginning/
http://blog.tokopedia.com/2011/05/anwar-ardhana-amanah-kejujuran-keramahan-dedikasi/

1 komentar:

  1. Baru tau yang kayak gini2an tahun lalu dan ternyata emang banyak untungnya sih. jadi malah dapet barang2 dengan harga yang jauh dari harga aslinya. ternyata udah banyak yah yang kayak gini2 di Indo kayak dealkeren, livsos.. kemaren dikasih tau temen ada lagi yang baru katanya. metrodeal namanya kalo gw gak salah. pas cek weksite mereka di www.metrodeal.co.id ternyata lumayan juga kok penawaran2 mereka. baguslah jadi lebih banyak persaingan sehat, semakin ngasih harga lebih murah asal barangnya gak murahan aja.

    BalasHapus

Twitter Bird Gadget