#KlubStartup

Selasa, 02 April 2013

Apa itu Komputasi? | Tugas Softskill Pengantar Komputasi Modern

Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai komputasi mulai dari sejarah singkat komputasi modern, model komputasi, dan perkembangan komputer di era sekarang. Berikut postingan saya:

Sejarah singkat komputasi modern

 Komputasi pertama kali digagas oleh John Von Neumann. (Hungaria). Beberapa karya yang dihasilkan beliau diantaranya karya dalam bidang matematika, teori kuantom, teori game, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang sangat berpengaruh pada masa Perang Dunia ke-2 yang lalu. Kepiawaian beliau terletak pada bidang teori game yang berhasil melahirkan konsep automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang akhirnya menghasilkan komputer.

Tiga Jenis Model Komputasi

 a. Model Fungsional : terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function). Suatu program adalah koleksi definisi fungsi-fungsi dan suatu komputasi adalah aplikasi fungsi.

b. Model Logika : terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan suatu komputasi adalah suatu bukti(suatu urutan kesimpulan).

c. Model Imperatif : terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.

Perkembangan Komputer




Di era berbasis teknologi, penggunaan komputer semakin sering ditemukan. Dan beberapa tahun belakangan ini, teknologi komputer mulai cenderung  beralih ke ranah mobile, dimana dapat kita temukan begitu banyak perangkat komputer berbasis mobile seperti smartphone, PC Tablet, handheld game. Lalu di tahun 2013 ini mulai banyak bermuncul micro console berbasis Android seperti OUYA, Gamestick, Green Throttle, Nvidia Shield, dan sebagainya.

Maka tidak heran jika melihat statistik di pasar, bahwa penjualan PC cenderung menurun dikarenakan meroketnya penjualan perangkat mobile computing .

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat! :)

Referensi:
http://ilhamsk.com/pengantar-komputasi-modern/
http://imranzulmi.blogspot.com/2011/04/model-komputasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget