#KlubStartup

Senin, 29 Oktober 2012

Enam Tahap Menjadi Seorang Teknopreneur Sukses

Menurut sumber berbahasa Indonesia, Teknopreneurship adalah kemampuan menciptakan nilai tambah komersial secara konsisten dari inovasi teknologi, baik dalam produk maupun proses, sehingga memiliki keunggulan kompetitif. Tokoh-tokoh dunia yang sukses dalam bidang ini di antaranya adalah Bill Gates, Steve Job, Sergey Brin, Larry Page, Mark Zuckerberg, dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya.


Pada tulisan ini, saya akan melihat enam tahap untuk menjadi seorang Teknopreneur atau Wirausahawan Sukses yang dibagi ke dalam 6 tahap:
  1. Inspire/Celebrate
  2. Discovery
  3. Action
  4. Startup
  5. Scale
  6. High Growth

Tahap pertama, ‘Inspire/Celebrate’, Anda mendapat ide dan passion untuk memulai perjalanan kewirausahaan Anda. Ide tersebut dapat berupa ide kreatif, inovatif, edukatif, dan sebagainya yang dapat menginspirasi dan memotivasi banyak orang.

Tahap kedua, ‘Discovery’, Anda mulai menemukan jiwa kewirausahaan Anda, ingin menjadi seorang Wirausahawan. Hal-hal yang dilakukan pada tahap ini biasanya mencari wadah, grup, komunitas, program, sampai buku-buku yang sesuai dengan ide dan passion Anda. Bersama-sama membangun komunitas yang sesuai dan banyak belajar tentang dunia Startup dan Kewirausahaan.

Tahap ketiga, ‘Action’, satu kata ini menjadi ‘jimat’ bagi setiap orang Wirausahawan, dimana dengan satu kata ‘Action’, Anda kini resmi menjadi seorang Wirausahawan. Mencari tim, rekan kerja, partner bisnis, bahkan ide baru. Lalu membangun jaringan sampai proses pencarian ‘pasangan hidup’ dalam dunia kewirausahawan yang biasa disebut ‘Co-Founder’.

Tahap keempat, ‘Startup’, tim berhasil dibentuk, rekan kerja didapat, tim yang solid telah terbentuk, secara bersama-sama memasuki tahap yang penuh tantangan, ujian, dan cobaan. Disini Anda juga dapat memikirkan model bisnis yang akan digunakan oleh startup Anda, target pasar, biaya sehari-hari, dan sebagainya.

Tahap kelima, ‘Scale’, model bisnis Anda terapkan dengan baik, kini Startup Anda sudah memiki produk [paling tidak] hebat. Venture Capital mulai melirik Startup Anda untuk dikembangkan dalam skala yang lebih besar. Disini Anda dituntut untuk memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan atau target pasar Startup Anda sehingga skala Startup Anda sedikit demi sedikit meningkat.

Dan tahap yang keenam(terakhir), ‘High Growth’, Startup Anda tumbuh pesat, Anda mempunyai tim yang luar biasa solid, cabang usaha berhasil berkembang, rekan bisnis datang, dan perlahan-lahan [tapi pasti] Startup Anda tumbuh menjadi sebuah perusahaan, enterprise yang dikenal masyarakat IT dunia. Anda berhasil menjadi Teknopreneur yang sukses

Sumber gambar:

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget