#KlubStartup

Jumat, 19 November 2010

Pengalaman Pribadi: Tahun Pertama Kuliah-ku

KULIAH??KERJA?? Dua kata itu yang terus terbenak dalam pikiran gw saat memasuki masa-masa akhir SMA. Sempet ada lowongan untuk magang kerja di BCA saat itu, tapi akhirnya gw cancel setelah mengikuti kemauan Papa untuk fokus (mau ga mau gw harus ngikutin filosofi "Keinginan Orang Tua buat anaknya itu yang Terbaik"). Bulan Februari 2009, gw sempet ikut SIMAK UI yang konon katanya UI itu Universitas Bergengsi di Indonesia. Apa daya, tempat gw emang bukan di sana. Dan selanjutnya UMB sampah SNMPTN, gw nurutin kata Papa aja deh buat kuliah di Universitas Swasta aja. Dengan sedikit bantuan dana dari Paman dan Bibi gw (Thx a lot Om.. Tante..) yang uda masyhur, gw mencoba menapaki jalan menuju mahasiswa. Finally, tibalah gw di Universitas Gunadarma, Xmalang, Bekasi.

Lokasi Kampus yang tidak jauh-jauh banget dari rumah gw menjadi alasan yg paling mendasar dari my Papa buat memasukkan gw ke sini. Proses Registrasi ini-itu beres, Administrasi beres, dan dimulailah aktivitas awal Perkuliahan. Diawali dengan PPSPPT(Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi), dilaksanakan di Auditorium Lt.6 Kampus J Kalimalang. Di PPSPPT awal, Ibu2 dan Bapak2 Pembina mulai mengenalkan sedikit gambaran tentang perkuliahan kepada para mahasiswa-baru ini . Rasa penasaran dan semangat memulai perkuliahan masih jelas terpampang pada muka-muka Ma-Ba yang tak berdosa ini. Selesai PPSPPT, jadwal-jadwal pun sudah menanti.Dimulai dengan kuliah perdana di Kampus D, Margonda, Depok sampai PPSPPT Fakultas (istilah OSPEK di Gunadarma) di Kampus J.

Yap, dengan penuh OPTIMISME, gw ngejalanin hari-hari pertama kuliah gw. Motor baru yang baru dibeliin Papa, HONDA REVO Black-Blue 110cc dengan bangganya gw bawa ke kampus. Laptop LENOVO G450 juga setia menemani gw WiFi-an di lt.3 (yang katanya paling kenceng). Wah, bener perasaan bocah polos yang baru jadi mahasiswa terasa sangat waktu itu. Duduk di kelas 1IA18 bersama teman-teman yang di awal masih JaIm-JaIm. Tapi, setelah acara kelas yang bertajuk "BUKA PUASA BERSAMA 1IA18" di Food Court BCP(Bekasi Cyber Park) itu, perlahan-lahan rasa kebersamaan dan solidaritas dari kelas ini mulai terasa.Mulai dari ngejahilin yang namanya NOPY Achmianty oleh para NOPY HOLIC, sampai yang namanya Sharing LA. Di sini kerasa banget suasana persaudaraannya, terlepas dari suasana dalam KBM(Kegiatan Belajar Mengajar) yang terkadang kelewat banyak becanda dibanding belajarnya (Maklum masih tingkat 1, masih bandel2nya pengen coba ini-itu). Kelas 1IA18 ini juga sempat jadi SemiFinalis Turnamen Futsal antar kelas TI Xmalang 2009 waktu itu (1IA16-1IA25). Walau kalah di semi-final, tapi kelas kami kalah secara terhormat dalam Adu Penalti yang menegangkan waktu itu melawan 1IA22(Moga2 ga salah nyebut). Aktivitas perkuliahan pun berjalan dengan semestinya, Kuliah-Praktikum-Persentasi-Futsal-UTS-UAS sampai Ujian Utama.



Suasana Buka Puasa Bersama di Food Court BCP (Masih pada botak)


Tim Futsal 1IA18


Foto Bersama RetRet KMK di depan Wisma GedangAnak, Ungaran, Semarang

Ujian Utama berakhir, saatnya acara perpisahan kelas 1ia18 ke Yogyakarta. Sayangnya gw ga bisa ikut waktu itu karena harinya yang kebetulan bentrok dengan acara RetRet dari organisasi KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik) Gundarma. Acara RetRet dari KMK yang sangat berkesan karena disini gw dapet bnyk temen baru yang seiman. Daerah Ungaran, Semarang jadi Destination acara RetRet ini. Terasa banget kehidupan kita tanpa orang tua, suasana SILENSIUM di dalam WISMA GedangAnak di Ungaran. Romo dan bruder yang gokil abis. Unforgetable.

Liburan panjang semester genap di Gunadarma ini, gw isi dengan kesibukan kegiatan-kegiatan organisasi di KMK. Di sini, gw mulai ngerasain betapa melelahkannya perjalanan bolak-balik Bekasi-Depok-Bekasi demi kegiatan KMK tersebut. Kadang saat hari-hari kosong tanpa tugas yang berarti terasa sangat membosankan. Makan-Tidur-Makan-Tidur, kayak lagu Alm.Mbah Surip situasi liburan kuliah 2bulan waktu itu. Tapi, acara yang paling gw tunggu-tunggu akhirnya tiba juga, "OSPEK Ma-Ba". Nah klo di awal tahun, gw duduk dengan rambut botak baju formal hitam-putih dan aksesoris menyebalkan lainnya, tahun ini gw bisa berbangga diri dengan mengenakan Almamater Gundarma sebagai panitia PPSPPT bagian Rohani Katolik. Waktu istirahat menjadi saat bagi KMK untuk memperkenalkan diri kepada teman-teman Ma-Ba. Acara berlangsung dengan sangat meriah walau hanya berlangsung +- 1 jam.

Dan setelah liburan yang sangaaaat panjang, tanggal 20 September pun tiba. Saatnya memasuki tingkat 2 perkuliahan gw di Gunadarma. Berbagai pengalaman yang gw dapet di tahun pertama pastinya bisa gw jadikan acuan untuk lebih baik lagi di tingkat 2 ini. Apalagi, konon katanya kelas gw 2IA16 itu merupakan kelas unggulan di angkatan 2009 Xmalang. So, situasi belajar pun diharapkan lebih kondusif lagi dibanding di tingkat 1. Dengan berbekal pengalaman kuliah gw di tahun pertama, gw menatap tingkat 2 ini dengan rasa OPTIMIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget