#KlubStartup

Senin, 29 Maret 2010

MENANGISI DOSA DAN BERTOBAT

"Hai puteri-puteri Yerusalem, janganlah kamu menangisi Aku, melainkan tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu!" (Luk 23:28)


Hari ini memasuki Pekan Suci, ditandai dengan perayaan Minggu Palma. Pada umumnya perayaan diawali dengan pearakan Palma, baru masuk dalam perayaan ekaristi. Dalam pekan sengsara Tuhan ada dua peristiwa penting dan berlawanan, yaitu kita mengarak Yesus sebagai Raja masuk ke kota Yerusalem dan mendengarkan kisah sengsara Tuhan. Sungguh ironis kita mengeluk-elukan Yesus sebagai Raja, namun kemudian kita mendengar hujatan, penganiayaan dan kematian Tuhan dalam kisah sengsara. Namun kita diajak khusuk merenungkan peristiwa penderitaan Tuhan, bukan hanya perasaan sentimental atas penderitaan Tuhan. "Hai puteri-puteri Yerusalem, janganlah kamu menangisi Aku, melainkan tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu!" (Luk 23:28)

Bukan kita iba kepada Tuhan yang menderita, tetapi mari kita menangisi dosa-dosa kita, dan bertobat untuk masuk dalam peristiwa penderitaan Tuhan. Seringkali kita menertawakan dosa dan kejahatan orang lain dibandingkan menyesali, menangisi dosa-dosa kita. Bagi kita, bukan hanya menangisi, menyesali tetapi bertobat. Namun, pekan suci ini sungguh saat yang baik untuk merenungkan diri kita sebagai murid Tuhan, apakah kita lebih banyak berbuat dosa atau berbuat baik. Apakah kita sudah membangun pertobatan dalam hidup ini, atau senang tinggal dalam kubangan dosa? Semoga kita mau bertobat dan siap masuk dalam Pekan Suci untuk merasakan penderitaan Tuhan, dan menyatukan kelemahan dan dosa kita dalam merasakan penderitaan Tuhan sehingga siap bangkit bersama Tuhan membangun hidup baru dalam kasih Tuhan terlebih bersama mereka yang miskin dan sengsara.



Pertanyaan Reflektif:
Apakah selama ini aku juga ikut dalam penghujatan, penganiayaan, dan penyaliban Yesus? Apakah pengorbanan-Nya yang menyelamatkan dan membebaskan kita bisa mengubah hidup kita, dengan bersama Dia memanggul sengsara kaum miskin?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget