#KlubStartup

Rabu, 24 Maret 2010

Part 4

Karya Seni atau Film

Kalau kamu sering memperhatikan karya-karya seni, atau gemar mengoleksi dan menonton film-film, pasti pernah menebak-tebak hal ini. Yup, Square Enix kadang melakukan homage terhadap dua hasil karya kontemporer anak manusia ini. Misalnya dari buku Dante's Inferno, mereka mengambil ide dari nama-nama seperti Guido dan Beatrice (yang sedikit diplesetkan menjadi Beatrix).

Pernah menonton Star Wars: A New Hope? Ada dua karakter bernama Vicks dan Wedge yang membantu Luke Skywalker meledakkan Death Star menjelang akhir film. Kedua karakter tersebut mengilhami penamaan karakter Biggs dan Wedge. Sementara dari Star Wars: The Empire Strikes Back, ada nama Piet yang mengilhami orang-orang di Square Enix.


Salah satu puisi terkenal dari sang pujangga Inggris, William Shakespeare, berjudul The Rape of Lucrece, mengilhami penamaan Lucrecia yang kita kenal pemunculannya di Final Fantasy VII. Dari sebuah kisah epik yang merupakan perpaduan budaya Italia dan Romawi, terdapat nama Orlandeau yang mengilhami nama Orlando, sang Paladin dari Charlemagne.

Terakhir, ada sebuah lukisan berjudul Guernica karya seniman terkenal asal Spanyol yang terkenal dalam aliran kubisme & termasuk salah seorang pelukis revolusioner pada abad ke-20 karena saking eksentriknya, Pablo Picasso. Judul lukisan tersebut mengilhami salah satu penamaan di dunia Final Fantasy.

Anagram

Sentuhan terakhir Square Enix untuk pemberian nama-nama di serial Final Fantasy adalah anagram. Anagram merupakan salah satu jenis permainan kata, di mana huruf-huruf yang membentuk sebuah kata biasanya diacak untuk membentuk kata lainnya lagi. Contohnya nama Gerad dari Final Fantasy VI yang merupakan hasil acak dari Edgar.

Raem

Lalu Zalera atau Zarela yang merupakan anagram dari Azrael. Oscar yang akan dieja oleh orang Jepang menjadi O Su Ka, sepertinya merupakan anagram dari Ka O Su yang merupakan cara orang Jepang untuk mengeja Chaos. Mio dan Raem yang merupakan anagram sekaligus pemecahan dari satu kata, yaitu Memoria.

Lainnya

Kemudian ada asal-usul beberapa nama di serial Final Fantasy yang berangkat dari bermacam ide lainnya, yang hingga fitur ini selesai disusun tidak dapat kami masukkan ke kategori-kategori sebelumnya. Yah, mungkin karena kami agak menyerah. Bolak-balik memberantakkan meja & lemari orang lain, lalu kabur secepatnya saat disuruh merapikan lagi. Capek juga pas ngabur itu, hehe.

Garnet Til Alexandros XVII

Contohnya Yura yang berasal dari Yuri, merupakan nama yang populer dipergunakan di Rusia. Terus ada Garnet, asalnya dari nama salah satu batu mulia yang biasanya dijadikan perhiasan. Knave berasal dari sebutan lain untuk kartu Jack pada permainan kartu remi. Baron berasal dari status kebangsawanan bagi seorang pria berkelas pada zaman Dark Age.

Sumber: http://kotakgame.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget