#KlubStartup

Rabu, 24 Maret 2010

Part 1

Tahukah kamu kalau banyak elemen-elemen dalam game Final Fantasy yang terinspirasi dari dunia nyata. Sebagai contoh, kota Zanarkand yang ada di Final Fantasy X namanya terinspirasi dari kota kuno Samarkand yang kini kita kenal sebagai Uzbekistan. Guna menyambut kehadiran Final Fantasy XIII di tengah-tengah kita, KotGa ingin berbagi sedikit pengetahuan game yang kami miliki. So pasti, pengetahuannya akan berhubungan langsung dengan seri Final Fantasy.

Baik, sekarang kita mulai dari mana? Mungkin dari Final Fantasy-nya terlebih dulu, ya. Final Fantasy adalah sebuah game RPG yang awalnya dibuat oleh Hironobu Sakaguchi dan dikembangkan serta dilisensi oleh Square Enix (yang dulunya bernama Squaresoft). Pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1987.

Hironobu Sakaguchi

Lalu kenapa diberi nama atau judul sebagai Final Fantasy? Disebabkan game ini dulunya diniatkan sebagai game terakhir yang akan dirilis oleh Square, yang pada saat itu sedang berada di ambang kebangkrutan. Ternyata game tersebut malah sukses terjual dan diterima oleh publik game Jepang sebagai sebuah RPG yang bagus.

Kemudian dari mana orang-orang di Square Enix mendapatkan inspirasi untuk memberikan nama-nama dalam serial Final Fantasy? Apakah mereka kebetulan saja membuka sebuah buku, lalu saat menemukan sebuah kata, 'Ah, ini nama yang bagus'? Yah, enggak gitu juga, sih. ^^; Mereka melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu berdasar karakterisasi yang cocok

Mitos & Legenda

Hm, kira-kira pernah terpikir, dari mana mereka bisa mendapatkan nama Cid, Gilgamesh, atau Shin-Ra? Setelah kami membuka ensiklopedia yang tersimpan di laci meja Pak Pemred tercinta, ternyata tiga nama tersebut berkaitan dengan mitos dan legenda. Nama Cid berasal dari seorang karakter dalam legenda Spanyol bernama El Cid. Sementara Gilgamesh, ditambah Pazuzu (yang berarti Demon) berasal dari mitos bangsa Mesopotamia.

Lalu Shin-Ra dalam mitos Mesir bermakna Dark God, yang konon berujud mirip seperti vampir. Btw, jika terkait dengan mitos, Yunani termasuk jawaranya. Nama-nama seperti Four Fiends, Zemus (yang ternyata plesetan dari Zeus), Ultros (yang diambil dari Orthros, nama seekor monster dengan wujud anjing berkepala dua, yang juga pernah dihadapi Hercules sebagai lawannya), dan Promathia (Promethius, nama salah satu Titan) berasal dari mitos Yunani.

Cover DVD Film El Cid

Gilgamesh

Fujin dan Raijin

Oh, ya. Masih berkaitan dengan Yunani. Tidak hanya mitos, tapi Garland yang merupakan salah satu legenda dari bangsa tersebut juga menjadi salah satu asal usul bagi nama di Final Fantasy. Legenda Norse juga tak luput dari riset mendalam Square Enix. Nama-nama seperti Kraken, Bikke, dan Siegfried berasal dari sana. Jin yang awalnya kami pikir berasal dari bahasa Jepang, ternyata malah datang dari legenda bangsa Arab.

Sudah bosan dengan bahasan mitos & legenda? Jangan dulu, masih ada yang dipinjam Square Enix dari mitos Romawi yaitu Celes. Lalu dari Jepang, ada mitos Kappa juga Fujin dan Raijin yang merupakan dewa guntur dan dewa angin. Terus ada Mael Duin, yang bisa jadi adalah plesetan dari Maduin di mitos Irlandia. Dan akhirnya, ada Ramuh yang bisa jadi dimaksudkan sebagai Ra-Mu dari legenda Atlantis.


Sumber: http://kotakgame.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget