#KlubStartup

Rabu, 24 Maret 2010

Part 2

Bahasa Kuno & Bahasa Asing

Bagaimana dengan nama-nama seperti Cloud Strife, Squall, atau Tidus? OK, kita coba obrak-abrik isi lemari Pak Wakil Pemred. Wow, ada barang aneh. Jangan sampai fokusmu berubah. ^^; Sip, ternyata tiga nama tadi diambil dari bahasa kuno atau asing. Cloud Strife berasal dari bahasa kuno Inggris, atau tepatnya Anglo Saxon, berupa perpaduan dari kata Cloud yang bermakna misterius, serta Strife yang bermakna agresif.

Lalu Squall yang masih berasal dari rumpun bahasa yang sama, ternyata bermakna angin yang keras. Bagaimana dengan Tidus? Tidus diserap dari bahasa Jepang kuno, yaitu Tii-da yang bermakna matahari. Romantisnya, Tidus dipasangkan dengan Yuna, yang dalam bahasa Jepang kuno bermakna malam, atau bisa juga berarti bulan.

Tertarik dengan bahasa Spanyol? Orang-orang Square Enix juga begitu. Buktinya, ada Rosa yang berarti mawar, Lenna yang berarti ratu, juga Chupon yang berarti orang yang mudah kena tipu. Nama Cefca Pallazo sendiri didasarkan pada Pallazo yang berarti badut, sementara Azul the Cerulean berupa perpaduan dari kata Azul yang berarti biru dan Cerulean yang berarti kebiruan.

Selanjutnya giliran bahasa Latin. Ada Stella yang berarti bintang, juga Aeris yang bermakna udara. Sementara Vincent mengambil kata dasar Vincere yang berarti menundukkan. Rufus yang berarti sesuatu yang berwarna merah, lalu sobatnya Reno yang ternyata berarti mucikari. Argento yang bermakna perak.

Kitab Suci & Agama

Tak jarang, orang-orang di Square Enix juga tertarik dengan penamaan yang berasal dari kitab-kitab suci. Pernah tahu kira-kira nama Sephiroth, Tifa, atau Kuja diambil dari mana? Siapa korban kita berikut untuk diaduk-aduk? Sepertinya tidak jauh. Ah, iya. Pak Pemred kadang punya hobi unik mengumpulkan bahan-bahan tentang teologi. Coba kita cari, hehe.

Ketemu, ketemu. Sephiroth ternyata diambil dari agama Yahudi, yang merupakan 10 alur penting dalam Kabbalah, atau lebih dikenal sebagai Tree of Life, bermula dari Tuhan (direferensikan sebagai Ein Sof - Yang Tak Terbatas) mengungkap keberadaaan-Nya dan berlanjut menciptakan alam fana serta rantai kehidupan hingga kembali ke alam baka.

Sephiroth atau Tree of Life

Kemudian Tifa berasal dari Tiffa atau Tiferet juga dari agama Yahudi, yang merupakan pusat dari Tree of Life dan merupakan perlambang dari kecantikan, keseimbangan, serta cinta. Sementara untuk Kuja dikutip dari agama Hindu yang pengertiannya merupakan Putera Bumi, atau beberapa orang mengaitkannya dengan planet Mars.

Selain Sephiroth & Tifa, Hashmal juga diambil dari agama Yahudi, yang merupakan salah satu dari tujuh malaikat terdepan yang membela Tuhan. Menemani Kuja, dari agama Hindu, Square Enix memplesetkan nama dua dewa berpengaruh dalam agama tersebut, yaitu Kali & Brahma menjadi Kary & Brahne.

Sumber: http://kotakgame.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget